Cara Cek Status NUPTK Kemdikbud

Posted on

Cara Cek Status NUPTK Kemdikbud – Untuk anda para guru/ GTK yang masih kebingungan bagaimana cara mengecek status NUPTK sudah aktif dan terdaftar di kemdikbud ataukah belum, berikut akan kami kupas secara tuntas panduan bagaimana cara cek NUPTK, Dapodik, dan PTK untuk para GTK Kemendikbud atau Kemenag yang bisa anda cek lewat HP android maupun melaui laptop dan komputer.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai cara cek status NUPTK, mari kita kupas sejenak definisi dan pengertiannya. Apa itu NUPTK ? NUPTK ialah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Nomor ini merupakan nomor induk bagi setiap tenaga pendidikan dan juga pendidik. NUPTK ini tidak bisa berpindah tangan dan bersifat tetap.

Nomor yang ada pada NUPTK adalah 16 digit nomor. Di mana nomor ini tidak akan berubah meski sang tenaga pendidik atau tenaga pendidikan pindah sekolah dari sekolah di mana ia mendaftar NUPTK. Nah biar nggak terlalu lama menunggu, langsung saja anda simak ulasan lengkapnya mengenai cara cek NUPTK Kemdikbud, Dapodik dan PTK terbaru 2017.

Cara Cek NUPTK Sudah Jadi Atau Belum :

  1. Masuk website kemendikbud atau bisa juga klik DISINI.Cara Cek Status NUPTK Kemdikbud
  2. Pilih opsi pilihan guru
  3. Lalu dalam pilihan itu Anda bisa memilih NUPTK
  4. Dan Anda tinggal memasukkan nama Anda di sana maka NUPTK Anda akan keluar jika proses NUPTK Anda telah selesai

Cara Cek Status NUPTK Lewat HP/ Laptop:

  1. Buka aplikasi browser hp atau laptop anda. Terserah mau mengguna mozilla google chrome ataupun browser bawaan HP
  2. Ketikkan alamat http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data atau langsung saja klik link tersebut.
  3. Setelah itu isikan nomor NUPTK anda pada kolom yang tersedia dan lanjutkan dengan klik tombol “Cari” (logo kaca pembesar)
  4. Setelah itu sistem akan menampilkan status NUPTK anda. Output yang ditampilkan merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI.

Manfaat Adanya NUPTK

Tentunya diadakan NUPTK tidak serta merta hanya untuk data saja, tapi juga mempunyai manfaat. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat berpartisipasi dalam program mekanisme pemerintahan
  2. Nomor yang ada pada NUPTK terdaftar sebagai nomor identifikasi resmi yang bersifat nasional yang di mana dapat digunakan dalam program pemerintah

Cara agar memiliki NUPTK kita harus mengisi formulir NUPTK terlebih dahulu dan melengkapi dokumen-dokumen pelengkap yang ada sehingga prosesnya akan lebih mudah. Adapun syarat-syarat pengajuan NUPTK antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Pendidik haruslah warga negara Indonesia
  2. Seorang pendidik yang jelas jenjang pendidikannya
  3. Seorang pendidik dan tenaga pendidikan berada dalam lingkungan kependidikan baik secara formal maupun non formal yang di mana di bawah naungan Kementrian Pendidikan Indonesia
  4. Usia maksimal tenaga pendidik adalah 60 tahun
  5. Masa kerja maksimal pengajuan adalah 2 tahun

Bagi bapak/ibu yang ingin menetahui No. UKG 2015 bisa melihat langkah-langkahnya di Cara Cek Nomor Peserta UKG 2015. Dan untuk bapak/ibu yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi UKG(UTN) dan materi PLPG 2017 bisa melihat kisi-kisinya di Kisi-Kisi UKG (UTN) Materi PLPG 2017.

Demikianlah info guru Cara Cek Status NUPTK Kemdikbud dari admin bacajuga.com, semoga bermanfaat. [bj]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *