Bernafas salah satu Ciri-ciri Makhluk Hidup

Posted on
Bernafas salah satu Ciri-ciri Makhluk Hidup – Pada kesempatan ini admin Cabang Biologi akan berbagi tentang Bernafas salah satu Ciri-ciri Makhluk Hidup yang merupakan bagian materi dari Rangkuman Materi Biologi SMP Kelas 7. Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini! agar anda dengan mudah bisa memahami materi tentang Bernafas salah satu Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Bernafas salah satu Ciri-ciri Makhluk Hidup

Bernafas merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Setiap saat makhluk hidup selalu bernapas. Bernapas adalah proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta melepaskan karbon dioksida dan uap air. Oksigen digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi biologis. Proses oksidasi menghasilkan energi yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Sedangkan sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dihembuskan ketika bernapas.

Bernafas Ciri-ciri Makhluk Hidup

Bernafas Ciri-ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup bernapas menggunakan alat-alat pernapasan. Perhatikan contoh alat pernapasan pada beberapa makhluk hidup pada Tabel berikut ini.

Tabel Makhluk hidup dan alat pernapasannya.

No.
Makhluk Hidup
Alat Bernafas
1
Manusia
Paru-paru
2
Ikan
Insang
3
Katak
Kulit dan paru-paru
4
Burung
Paru-paru dan kantong udara
5
Belalang
Trakea
6
Laba-laba
Paru-paru buku
Apakah tumbuhan juga bernapas? Tentu saja. Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan juga harus bernapas guna mengambil oksigen dari udara bebas. Namun tumbuhan tidak mempunyai alat pernapasan khusus seperti pada hewan. Tumbuhan mengambil oksigen dari udara bebas melalui stomata dan lentisel. Stomata atau mulut daun merupakan lubang-lubang kecil di permukaan bawah daun, sedangkan lentisel merupakan lubang-lubang pada batang bergabus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *