Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial – Pada kesempatan ini admin Pengertian Belajar akan berbagi tentang Bentuk-Bentuk Interaksi SosialHubungan-hubungan yang terjadi bisa berupa hubungan antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Dalam sosiologi, cara berhubungan di antara satu orang dengan orang lain disebut interaksi sosial.

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Terdapat tiga bentuk interaksi sosial, yaitu interaksi sosial antarindividu, antarindividu dengan kelompok, dan antarkelompok dengan kelompok. Pertama, interaksi sosial antarindividu dengan individu. Bentuk interaksi ini terjadi jika terjalin hubungan antara seorang individu dengan seorang individu lainnya. Contoh ayah sedang menasihati Andi agar tidak nakal. Bentuk interaksi ini sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, interaksi sosial antarindividu dengan kelompok. Interaksi sosial ini terjadi jika antara individu dengan kelompok bertemu melakukan hubungan sosial yang saling mempengaruhi. Contoh seorang kepala desa yang sedang memberikan penyuluhan kepada warga tentang bahaya narkoba. 

Ketiga, interaksi sosial antar kelompok dengan kelompok. Interaksi ini terjalin antara kelompok dengan kelompok. Contoh, keributan antarpendukung kesebelasan sepak bola. Peristiwa ini membuat suasana di sekitar tempat kejadian mencekam, membuat warga serta pemakai jalan menjadi panik. Menurut Soerjono Soekanto, peristiwa ini dapat dikatakan sebagai interaksi sosial. Walaupun tidak saling bertatap muka atau berkomunikasi, tetapi satu pihak menyebabkan perubahan perubahan dalam diri orang bersangkutan yang mampu menimbulkan tindakan.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Menurut Gillin dan Gillin, suatu peristiwa dapat dikatakan interaksi sosial jika memenuhi dua syarat. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial tersebut, antara lain adanya kontak sosial (social contact) dan komunikasi (communication).

Faktor-Faktor yang Mendorong Interaksi Sosial

Setiap tindakan seseorang selalu didasari oleh faktor-faktor yang mendorongnya. Begitu pula interaksi sosial, berlangsungnya proses interaksi sosial didasarkan pada faktor-faktor pendorong. Faktor-faktor tersebut antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial dari admin bacajuga.com yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam masalah belajar Sosiologi dalam kehidupan sehari-hari. [pb]